Tanda Kiamat Semakin Dekat – Kemunculan Gunung Emas di Sungai Eufrat (Furat)

September 1st, 2011

 

Share on Facebook

Artikel agama Islam. SerbaMenarik.Com mendukung semangat Bhineka Tunggal Ika.

Satu lagi tanda- tanda bahwa kiamat mungkin sudah dekat, terdeteksi yaitu kemunculan gunung emas di sungai Eufrat. Ini tandanya bahwa setiap kita mesti selalu waspada dan mawas diri agar menjadi golongan orang yang ‘selamat’. Kiamat- kiamat kecil yang makin kerap terjadi adalah peringatan bagi kita semua. Gempa- gempa dahsyat yang susul menyusul di berbagai belahan dunia, kehancuran moral manusia, dan rusaknya bumi mungkin memang merupakan indikasi kearah dekatnya kiamat. Dan kini terdeteksinya gunung emas Eufrat yang menurut hadis Nabi Muhammad SAW adalah salah satu tanda kiamat sudah dekat.

http://3.bp.blogspot.com/_DZ0xasd1u_0/TBx3-cYrTiI/AAAAAAAACJ4/h5uZSY8ljag/s1600/Tanda2+Kiamat+Hal+159+Bab+1+Tanda2+Kiamat+Kecil-Hadits1-Sungai+Furat+Menyibak+Gunung+Emas-Abu+Hurairah-Tidak+akan.jpg

“Tidak akan datang hari kiamat sehingga sungai Furat menyingkap gunung emas yang menyebabkan orang-orang berperang karenanya, maka dari setiap seratus orang yang berperang sembilan puluh sembilan orang, dan masing-masing orang mengatakan, “Mudah-mudahan saya yang beruntung.” ( Shahih Bukhari, Kitab Al-Fitan, Bab Khuruji An-Nar 13: 78; dan Shahih Muslim, Kitab Al-Fitan wa Asyroth As-Sa’ah 18: 18 ).
Dan yang dimaksud dengan “gunung emas” di sini bukanlah minyak bumi sebagaimana pendapat Abu ‘Ubaiyyah dalam ta’liqnya terhadap kitab An-Nihayah Fil Fitan (1: 208) karya Ibnu Katsir, dengan beberapa alasan sebagai berikut:
1. Bahwa dalam nash hadits itu disebutkan lafal “jabal min dzahab” ( gunung emas ), sedang minyak bumi bukan emas secara hakiki, karena emas merupakan tambang yang sudah terkenal.
2. Bahwa Nabi saw memberitahukan bahwasannya air sungai itu akan menyingkap gunung emas yang dapat dilihat orang, sedang minyak bumi itu digali dari dalam bumi dari kedalaman yang amat dalam dengan menggunakan alat-alat.
3. Bahwa Nabi saw mengkhususkan Sungai Furat dengan keistimewaan ini, tanpa menyertakan laut dan sungai lain, sedang minyak bumi digali dari laut dan dari darat di berbagai tempat sebagaimana yang kita lihat.
4. Nabi saw memberitahukan bahwa orang-orang akan berperang di sisi perbendaharaan ini, dan tidak diberitakan bahwa mereka berperang ketika digalinya minyak bumi dari Furat atau lainnya, Bahkan Nabi saw melarang orang yang mendatanginya, sebagaimana disebutkan dalam riwayat lain dari Ubay bin Ka’ab ra, ia berkata, “Manusia senantiasa berselisih dan bersitegang urat leher dalam mencari kekayaan duniawi…, sesungguhnya saya pernah mendengar Rasulullah saw bersabda:

“Tidak akan datang hari kiamat sehingga sungai Furat menyingkap gunung emas ( karena jernih airnya); maka barangsiapa yang datang kepadanya, janganlah ia mengambil sesuatu darinya.” ( Shahih Muslim, Kitab Al-Fitan wa Asyroth As-Sa’ah, Bab Laa Tquumu As-Sa’aru Hatta Yahsiro Al-Furot ‘an Jabal min Dzahab 18:19 ).
Orang yang menafsirkan “gunung emas” ini dengan minyak bumi, maka sebagai konsekuensinya ia harus menetapkan dilarangnya mengambil minyak bumi ini ( karena dalam hadits tersebut Rasulullah saw melarang seseorang mengambil sesuatu darinya – Penj.), padahal tidak ada seorang pun yang berani mengatakan demikian. ( Vide: It-haful Jama’ah 1: 489-490 ).

Al-Hafzih Ibnu Hajar menguatkan pendapat yang mengatakan bahwa dilarangnya mengambil emas ini disebabkan hal ini dapat menimbulkan fitnah dan peperangan. (Fathul-Bari 13: 81).

Kalau anda menyukai artikel ini, kami himbau bantuan dan dukungan dari saudara yang baik untuk meng-klik “Share On Facebook” di bawah ini sehingga kawan – kawan atau keluarga yang terkasih juga bisa menikmatinya. Terima kasih banyak atas bantuan dan kebaikan hati saudara.

 

Share on Facebook

TOPIK TERKAIT - [RELATED POST]

Categories: Agama, Video

Tags: , , , Leave a comment

Leave a comment

Feed

http://serbamenarik.com / Tanda Kiamat Semakin Dekat – Kemunculan Gunung Emas di Sungai Eufrat (Furat)